
Pasti nama ini sudah sangat familiar di telinga para pekerja IT. semua perusahaan, lembaga, instansi, organisasi, apapun itu, untuk mendukung kegiatan mereka, biasanya menggunakan email untuk korespondensi. email adalah “surat elektronik” pengganti surat fisik yang biasanya kita kirim melalui kantor pos.
Bagi para pekerja IT, terutama di bidang infrastruktur & support, sudah merupakan hal yang mutlak untuk mengetahui cara instalasi, konfigurasi, manage, dan maintenance email server. meskipun biasanya email server dihandle oleh system administrator (sys admin), tapi tidak jarang pula email server dioperasikan oleh IT staff di sebuah perusahaan
Email server sendiri, secara teknis, mempunyai bagian inti. yaitu MTA (Mail Transfer Agent). aplikasi MTA pada mail server berfungsi sebagai aplikasi inti untuk memproses transaksi yang pengiriman dan penerimaaan email melalui port SMTP dan POP3/IMAP yang di request oleh client. selain itu, email server juga mempunyai aplikasi DNS resolver yang berfungsi untuk mencari alamat pada internet dan menerjemahkannya. selain itu ada juga antivirus/anti spam yang berfungsi untuk menangkal virus dan spam yang dikirimkan oleh para spammers.
B. Pembahasan
1. Definisi E-mail
2. Sejarah E-mail
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti
aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun,
kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan
Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak
hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka
disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
3. Tata Cara Membuat E-mail
A. Yahoo
1. Anda harus mengunjungi yahoo atau klik disini.
2. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru.
3. Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar dibawah ini.
Keterangan diatas secara detail anda bisa simak dibawah ini.
4. Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.
5. Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah mempunyai email yahoo.
Itu tadi Cara Membuat Email Yahoo Indonesia semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas perhatiannya, jangan lupa untuk mengikuti blog penchenk karena akan mengupas tuntas berita terkini mengenai teknologi dan tentunya tidak kalah menarik dengan Cara Membuat Em
3. Tata Cara Membuat E-mail
A. Yahoo
1. Anda harus mengunjungi yahoo atau klik disini.
2. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru.
3. Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar dibawah ini.
Keterangan diatas secara detail anda bisa simak dibawah ini.
- Nama saya: Maksudnya isikan nama anda anda sendiri, nama depan dan nama belakang.
- Jenis Kelamin: Saat ini yahoo cuman ada dua jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan anda bisa memilih salah satu, jika jenis kelamin anda tidak ada disitu saya mohon maaf hihihihihi....
- Tanggal lahir: Isikan tanggal lahir anda beserta bulan dan tahunnya.
- Saya tinggal di: Jika anda tinggal di luar negeri anda bisa mengganti negara indonesia tersebut.
- Id Yahoo! dan Email: Anda disuruh membuat id anda seperti gambar diatas, jika tidak bisa coba diganti id tersebut.
- Kata sandi: Anda harus mengisikan kata sandi, kata sandi ini harus di ingat-ingat karena sangat penting sekali.
- Ketik ulang kata sandi: Anda harus mengulang kata sandi anda secara benar.
- Pertanyaan rahasia 1: Pertanyaan ini juga harus diingat karena anda lupa kata sandi anda, anda bisa menggunakan pertanyaan rahasia tersebut dengan menggunakan fitur lupa kata sandi.
- Pertanyaan rahasia 2: Pertanyaan ini sama saja dengan pertanyaan yang pertama hanya saja berbeda pertanyaan.
- Ketik kode yang ditampilkan: Anda harus mengetik kode sama persis seperti gambar diatas, jaka salah ulangi sampai benar.
4. Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.
5. Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah mempunyai email yahoo.
Itu tadi Cara Membuat Email Yahoo Indonesia semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas perhatiannya, jangan lupa untuk mengikuti blog penchenk karena akan mengupas tuntas berita terkini mengenai teknologi dan tentunya tidak kalah menarik dengan Cara Membuat Em
B. Gmail
1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk menggunakan browser Chrome, karena lebih enak dan cepat menurut saya. Tapi kalau belum download, pakai dulu seadanya. bisa pake Internet Explorer atau Mozila Firefox
2. Masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau http://gmail.com . Sehingga tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian pilih tombol [create an account] atau Buat Akun yang berada di pojok kanan atas

3. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, tidak jauh berbeda dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com. Perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini.

4. Pendaftara pada akun gmail lebih ketat dari akun yahoo, sehingga kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Caranya tinggal masukkan nomor ponsel kamu pada Kolom nomor telepon seperti gambar di bawah ini.

5. Setelah masukkan nomor ponsel, silahkan cek kotak sms yang ada di ponsel kamu. kamu akan mendapatkan sms kode verifikasi dari google seperti gambar di bawah ini.

6. Masukkan kode dalam sms tersebut ke dalam kotak kode verifikasi yang telah ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Verifikasi
4. Tata Cara Mengirim Tulisan
A. Yahoo
1. Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :

2. Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
3. Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :
Kolom isian ;
1. To :
Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.
2. CC : (diisi kalau diperlukan)
CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus . isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.
Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.
3. Subject :
Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.
4. Content :
Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.
4. Langkah terakhir yaitu klik tombol Send yang berada di atas kolom send. Selesai. Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.
B. Gmail
1. Login ke account email (gmail)anda, gunakan link berikut:
http://www.gmail.com
2. masukkan username dan password gmail anda
Klik tombol Masuk (Sign In)
3. klik tombol Buat Surat untuk memulai menulis pesan (message)
4. Pada bagian untuk : ketik alamat email tujuan (misalnya: muinzandi@yahoo.com)
Email tambahan bisa di Cc atau di Bcc, misalnya : muinzandi@gmail.com, andimuinz@yahoo.com (penulisan email jika lebih dari satu dipisah dengan tanda koma)
Keterangan:
Bcc bisa anda gunakan jika ingin orang yang anda kirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). sederhananya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.
d. Judul : diisi dengan topik/tema surat
Isi pesan yang akan anda kirim pada bagian kotak teks editor
Untuk menyisipkan attachment/ file lampiran (dalam contoh ini saya melampirkan gambar). Klik tombol Lampiran

5. Pilih file yang akan dilampirkan
Klik tombol Open

6. Akan tampak satu file telah dilampirkan, untuk menambah file lain yang ingin dilampirkan, klik tombol "Lampirkan file lain"

7. Klik tombol "Browse"

8. Pilih file lain yang akan dilampirkan (lihat kotak dialg pada nomor 5 diatas)
Klik tombol selesai

9. Lihat sudah terlampir 2 file (anda bisa melampirkan lebih dari 2 file)
Untuk mengirim pesan klik tombol Kirim

10. Jika berhasil maka akan mucul pesan berikut

C. Penutup
Dari Kesipulan di atas e-mail merupakan salah satu fasilitas internet yang penggunaanya cukup luas. Entah itu untuk berikirim pesan, atau untuk aktivasi akun tertentu.email juga merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. kelebihan email lainnya yang kita rasakan adalah kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah email tersebut dikirimkan.
Mudah-mudahan bermanfaat dan tidak menyalah gunakan.






Tidak ada komentar:
Posting Komentar